Total Tayangan Halaman

Minggu, 30 November 2014

PENDUDUK, MASYARAKAT, DAN KEBUDAYAAN


Keterkaitan penduduk, masyarakat, dan kebudayaan merupakan konsep suatu hubungan yang saling bertautan satu dengan yang lainnya. Diantara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan itu sendiri saling memiliki hubungan yang mendasar. Sebagai contohnya hubungan penduduk dan masyarakat. Disuatu daerah tertentu, terdapat orang-orang yang bermukiman atau bisa disebut penduduk. Penduduk tersebut setiap harinya sering berinteraksi sosial, sehingga kita dapat menyebut bahwa mereka hidup sebagai masyarakat. Contoh diatas dapat disimpulkan bahwa kumpulan penduduk yang mendiami suatu wilayah tertentu dalam waktu yang cukup lama dapat disimpulkan sebagai masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu pula. Dalam arti secara umum yaitu kelompok manusia atau kelompok orang.

Kemudian antara masyarakat dan kebudayaan juga mempunyai hubungan yang erat dimana masyarakat sendiri tidak akan bisa hidup tanpa adanya keikutsertaan aspek-aspek kebudayaan dalam kehidupan mereka dan kebudayaan itu sendiri tidak dapat muncul dan berkembang apabila tidak ada masyarakat di dalamnya. Dengan adanya masyarakat itulah kebudayaan disuatu daerah dapat berkembang. Hubungan yang saling membutuhkan inilah yang membuat masyarakat dan kebudayaan saling berkaitan.
Dibawah ini adalah beberapa penjelasan lanjut tentang penduduk, masyarakat, dan kebudayaan:
a. Penduduk : Orang yang mendiami suatu wilayah dan dalam waktu yang cukup lama.
b. Masyarakat : Kelompok individu-individu yang saling melakukan interaksi dalam kehidupan mereka  terutama dalam melakukan interaksi sosial yang berkembang dalam cakupan wilayah tertentu yang cukup luas. Dalam artian, kehidupan sebagai makhluk sosial inilah yang menjadikan individu-individu tersebut menjadi masyarakat.
c. Kebudayaan : merupakan sarana hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat dalam wujud perilaku, seni, religi/ keyakinan, bahasa, pola berpikir dll.       

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators