Total Tayangan Halaman

Selasa, 02 Desember 2014

Pemuda dan Sosialisasi


Perguruan Tinggi dan Pendidikan:
Mengembangkaan potensi generasi muda.
Generasi muda merupakan generasi penerus yang akan memegang kekuasaan tertinggi dimasa depan. Mereka berperan penting dalam memajukan dan meningkatkan pembangunan. Dengan mengembangkan atau menyalurkan hobi  dan bakat mereka  masing-masing. Dengan adanya potensi yang mereka miliki dapat membangun rasa bangga terhadap keluarga dan negara.

Pengertian pendidikan dan perguruan tinggi.
A. Pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan sekelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran. 
Pendidikan memiliki fungsi sebagai berikut :
a. Menjadi bekal bagi masyarakat untuk mencari nafah.
b. Melestarikan kebudayaan.
c. Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi. 
B. Perguruann tinggi merupakan puncak dari pendidikan masyarakat dalam menuntut ilmu. Peserta didik perguruan tinggi disebut juga mahasiswa. Sedangkan bagi pengajar perguruan tinggi disebut dosen. Perguruan tinggi dibagi menjadi dua yaitu perguruan tinggi negri dan perguruan tinggi swasta.   

Alasan untuk berkesempatan mengenyam perguruan tinggi
Pertama, sebagai kelompok masyarakat yang memperoleh pendidikan terbaik, mereka memiliki pengetahuan yang luas tentang masyarakatnya, karena adanya kesempatan untuk terlibat di dalam pemikiran,pembicaraan serta penelitian tentang berbagai masalah yang ada dalam masyarakat. Kesempatan ini tidak tidak dimiliki oleh generasi muda pemuda pada umumnya. Oleh karena itu, sungguh pun berubah-ubah, namun mahasiswa termasuk yang terkemuka di dalam memberikan perhatian terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat secara nasional.
Kedua, sebagai kelompok masyarakat yang paling lama di bangku sekolah, maka mahasiswa mendapatkan proses sosiaslisasi terpanjang secara berencana dibandingkan dengan generasi muda/pemuda lainnya. Melalui berbagai mata pelajaran seperti PMP, Sejarah, dan Antropologi maka berbagai masalah kenegaraan dan kemasyarakatan dapat diketahui.
Ketiga, mahasiswa yang berasal dari berbagai etnis dan suku bangsa dapat menyatu dalam bentuk terjadinya akulturasi sosial dan budaya. Hal ini akan memperkaya khasanah kebudayaannya , sehingga mampu melihat Indonesia secara keseluruhan.
Keempat, mahasiswa sebagai kelompok yang akan memasuki lapisan atas dari susunan kekuasaan, struktur perekonomian dan prestise di dalam masyarakat, dengan sendirinya merupakan elite di kalangan generasi muda/pemuda, umumnya mempunyai latar belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan lebih baik dari keseluruhan generasi muda lainnya. Dan adalah jelas bahwa mahasiswa pada umumnya mempunyai pandangan yang lebih luas dan jauh ke depan serta keterampilan berorganisasi yang lebih baik dibandingkan generasi muda lainnya.
 


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators